Sabtu, 08 Oktober 2011

Kasus Bisnis Yang Tidak Beretika

Dalam berbisnis, segala macam cara dilakukan untuk dapat menarik customer agar keuntungan bisa bertambah. Ada yang menggunakan cara yang benar (beretika), namun ada juga yang menggunakan cara curang (tidak beretika).

Contoh menarik customer  dengan cara yang benar adalah, dengan membuat iklan yang benar-benar menonjolkan sisi-sisi baik dari produk itu sendiri. Seperti, memperlihatkan kandungan-kandungan gizi yang terdapat dalam produk, kualitas produk tersebut, dan lain sebagainya.

Contoh yang menggunakan cara curang yaitu seperti membuat iklan dengan menyindir iklan produk lain. Kita bisa liat hal seperti itu dalam iklan E-Juz yang di bintangi oleh Sule. Dalam iklan tersebut, ada orang-orang yang mengenakan baju merah dan sangat mirip dengan Denada, Ade Ray, Dony Kusuma dan teman-teman nya yang biasa membintangi iklan Kuku Bima Energi. Dalam hal ini bisa saja pihak Kuku Bima Energi menuntut pihak E-Juz karena telah menyindir iklannya.

Menurut saya sebaiknya produk E-Juz bisa bersaing bersih dengan memperlihatkan kualitas dari produknya tersebut. Dan tikak menyindir produk-produk lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar