Minggu, 11 Desember 2011

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEMAJUAN KOPERASI

Setelah melalui berbagai kebijakan pengembangan koperasi pada masa Orde Baru yang di dominasi peran pemerintah, serta kondisi krisis ekonomi yang melanda Indonesia, koperasi yang merupakan badan usaha yang bertujuan untuk mensejahterakan anggotanya/masyarakat, dalam menjalankan tugasnya tentu saja tidak lah mudah. Apalagi untuk mengembangkan dan memajukan koperasi itu sendiri. Pastinya ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi maju atau tidaknya koperasi.

Berikut ini adalah beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kemajuan suatu koperasi :


1. Koperasi akan eksis jika terdapat kebutuhan kolektif untuk memperbaiki ekonomi secara mandiri.
Masyarakat yang sadar akan kebutuhannya untuk memperbaiki diri, meningkatkan kesejahteraan, atau mengembangkan diri secara mandiri merupakan prasyarat bagi keberadaan koperasi. Kesadaran ini akan menjadi motivasi utama bagi pendirian koperasi dari bawah. Faktor kuncinya adalah kesadaran kolektif dan kemandirian.


2. Koperasi akan berkembang jika terdapat kebebasan (independensi) dan otonomi untuk berorganisasi.
Koperasi pada dasarnya merupakan suatu cita-cita yang diwujudkan dalam bentuk prinsip-prinsip dasar. Wujud praktisnya, termasuk struktur organisasinya, sangat ditentukan oleh karakteristik lokal dan anggotanya. dengan demikian format organisasi tersebut akan mencari bentuk dalam suatu proses perkembangan sedemikian sehingga akhirnya akan diperoleh struktur organisasi, termasuk kegiatan yang akan dilakukannya, yang paling sesuai dengan kebutuhan anggota.


3. Keberadaan koperasi akan ditentukan oleh proses pengembangan pemahaman nilai-nilai koperasi.
Nilai-nilai koperasi adalah keterbukaan, demokrasi, partisipasi, kemandirian, kerjasama, pendidikan, dan kepedulian pada masyarakat. Dan dengan nilai-nilai ini dapat menjadi pilar utama dalam perkembangan suatu koperasi. Nilai dan prinsip itulah yang menjadi faktor penentu keberhasilan koperasi.


4. Peningkatan kemampuan usaha koperasi pada umumnya.
Membenahi permodalan, pemasaran dan manajemen agar semakin kuat dan berkembang.


5. Memperbaiki kinerja pengurus
Pengurus dalam koperasi mempunyai kedudukan yang sangat menentukan bagi keberhasilan koperasi sebagai organisasi ekonomi yang berwatak sosial. Apabila pengurus memiliki kompetensi yang baik akan dapat membuat koperasi berkembang menjadi lebih baik.


6. Pemanfaatan Perangkat Teknologi.
Banyak koperasi yang masih menggunakan mesin ketik, sehingga cukup lamban dalam memberikan pelayanan. Jadi lebih baik koperasi menggunakan teknologi yang lebih canggih yang mengikuti jaman sekarang. Agar dapat membantu jalannya koperasi dan dapat menjadikan koperasi lebih maju.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar